10 Persiapan Sebelum Memulai Usaha Baru Anda

Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat bekerja dan berkreasi di bidang yang disukai. Di bidang inilah Anda dapat membangun sesuatu yang mungkin bisa menjadi warisan di masa mendatang. Di sisi lain, kemungkinan untuk mengeksplor ketrampilan menjadi penghasilan juga begitu besar. Jika hati sudah mantap, cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang akan Anda jalankan nanti. Anda bisa mulai mencari tahu informasi tren bisnis yang sedang berkembang.

Biasanya kesalahan para pelaku bisnis baru adalah tidak sabar dalam menantikan hasil dan kemudian mencoba lahan yang lain padahal bisa jadi karena tidak difokuskan untuk ke arah sana. Perencanaan memang penting, tetapi dalam bisnis ACTION itu lebih penting untuk mendapatkan feedback yang lebih cepat dari kondisi lapangan yang sesungguhnya. Sudah lewat masanya melakukan semuanya ini dan itu sendirian. Berkolaborasi dapat membangun jalinan partnership dan friendship yang positif.

Bisnis, dan usaha baru

Faktanya, modal sendiri bukanlah faktor utama dalam memulai usaha baru, namun mentalitas seseorang dalam menghadapi setiap tantangan. Sayangnya, tidak semua orang mengerti dan paham akan dunia digital dalam pemasaran. Setiap bisnis harus memiliki strategi digital advertising yang tepat, kreatif, dan tentunya beda dari yang lain. Pasalnya, dua bisnis ini dinilai memiliki modal yang kecil, dan juga resiko kerugiannya juga rendah. Kalau kamu merupakan seorang pemula dalam menjalankan bisnis, reseller atau dropshipper sangat direkomendasikan. Maka dari itu, jika kamu memiliki kemampuan dalam suatu bidang, jangan segan untuk melakukan jasa mengajar secara on-line.

Semakin dalam kita mengenal bidang industri kita dan semakin dalam kita mengenal para pelanggan kita, maka semakin besar pula kemungkinan bisnis kita akan meraih keberhasilan. Sama halnya dengan rumah, bisnis pun perlu memiliki rancangan-rancangan tersebut yang terkandung di dalam rencana bisnis atau business plan. Kenyataannya, rencana bisnis dalam jenis bisnis apapun akan mengalami perubahan seiring berkembangnya bisnis tersebut. Dalam fase pertumbuhan, rencana bisnis yang terus direvisi dengan tepat dapat berguna untuk meningkatkan modal bisnis, mengembangkan ekspansi bisnis dan memperkokoh bisnis kita. Nah, inilah yang membuat kehadiran rencana bisnis atau marketing strategy menjadi semakin penting untuk dimiliki. Kamu juga bisa loh mencari peluang usaha baru dengan berdiskusi dengan teman.

Sepuluh kesalahan tersebut umumnya disebabkan para pebisnis pemula kurang dan bahkan tidak berminat untuk mendalami bisnis mereka hingga ke tahap yang membuat mereka senang belajar akan bisnis tersebut. Menjalankan peluang usaha baru di atas perlu dibarengi dengan perhatian yang cukup pada diri Anda. Jangan sampai melupakan kesehatan saat bekerja keras mencapai impian Anda. Tak ada salahnya bila Anda mempersiapkan asuransi kesehatan sejak dini. Manfaatkan momen liburan panjang untuk promosi menjemput bola. Banyak orang tua yang ingin anaknya tetap belajar meski sedang libur panjang.

Akan tetapi ketika baru menapaki pembangunan bisnis, Anda harus bersiap kehilangan waktu. Baik bersama keluarga, untuk istirahat, atau sekedar bercengkrama dengan teman-teman. Apabila Anda kurang pandai dalam mengelola setiap aspek usaha, akibatnya kehidupan akan berantakan dan berujung fatal. Ternyata tim menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah usaha.

Selain itu, jika memiliki pinjaman modal usaha, cicilan, atau tagihan bisnis lainnya, lakukan pembayaran secara tepat waktu. Keterlambatan pembayaran biasanya akan dikenai dengan bunga serta denda, dan ini jelas akan merugikan usaha Anda. Jika Anda tidak memisahkan rekening usaha dan rekening pribadi, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan. Hal berbahaya lainnya yang bisa terjadi, Anda malah memang uang yang seharusnya jadi modal usaha untuk keperluan pribadi.