7 Manfaat Belajar Kelompok Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa

Pengalaman masa kecil ternyata juga menuntut penulis untuk bisa menjadi seorang pemimpin. Sebagai anak kedua dari enam bersaudari, orang tua selalu meminta penulis untuk bisa menjadi contoh teladan bagi adik-adik. Mereka selalu memberi penulis tanggung jawab, seperti menjaga adik-adik ketika mereka berdua pergi ke tempat lain, menjaga rumah tetap bersih Bonus Cashback terbesar dan rapi, serta membantu adik-adik menyelesaikan pekerjaan rumah atau berbagai permasalahan yang mereka hadapi. Cara bagaimana kedua orang tua penulis dalam memperlakukan penulis seperti seorang pemimpin tersebut menjadi salah satu faktor juga yang mempengaruhi bagaimana penulis lebih berperilaku transformasional dibandingkan transaksional.

Menurut Turner terapi keluarga dalam konteks psikososial memiliki dua perspektif, yaitu terapi keluarga sebagai modalitas praktek dan terapi keluarga sebagai modalitas orientasi . Sebagai modalitas praktek, terapi keluarga berhubungan dengan gaya praktek dimana seluruh anggota keluarga bersama-sama secara simultan berada dalam setting terapeutik formal. Hal yang penting dari proses teurapeutik dan medium terapi ini adalah proses keluarga itu sendiri, yakni interaksi di antara berbagai unsur keluarga. Berdasarkan hal tersebut dapat dikemukakan bahwa perspektif psikososial keluarga merupakan sumber pengaruh yang penting . Keluarga memiliki pengaruh yang dapat menjadi sumber pertolongan dan sumber perkembangan bagi anggota-anggotanya, meskipun pada sisi lain dapat juga menjadi penyebab stress dan malfungsinya keluarga.

Komunitas, dan kelompok untuk mengerjakan suatu pekerjaan

Pemimpin dapat bersifat laksana Lautan , samudra itu bersifat luas, dapat memuat apa saja bahkan bisa untuk menampung segala benda. Seorang pemimpin hendaknya memiliki pandangan yang luas, sabar, artinya seorang pemimpin itu mampu menampung segala macam persoalan dan mampu mencari penyelesaian. Pemimpin dapat bersifat laksana Bulan , yang mempunyai sifat indah, sejuk, menawan dan mampu menerangi kegelapan.

Surat menjadi bagian dari bentuk dan jenis komunikasi yang ada di kehidupan manusia. Menjadi salah satu alat komunikasi yang memberikan manfaat dan kegunaan pada masanya dan masih dipergunakan hingga saat ini. Alat komunikasi ini masih menjadi pilihan untuk melakukan sebuah komunikasi maupun hubungan kerjasama yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau instansi.

Aktivitas lain yang dapat dilakukan bersama tim kamu adalah outbound, yang selain menambah keakraban juga dapat memperkuat teamwork. Selain itu, Hangout bersama teman tim setelah pulang kantor juga bisa kamu lakukan. Makan, nonton, dan karaoke menjadi pilihan tepat yang bisa dilakukan bersama sepulang kantor.

Para siswa sekolah/madrasah harus memiliki sebuah keyakinan, bahwa untuk bisa diterima oleh komunitas, harus memilikiattitudedan prilaku yang bisa membuat orang lain nyaman, tidak terganggu, dan bahkan mereka merasa perlu akan kehadirannya. Oleh sebab itu, setiap siswa harus dilatih untuk bisa memberikan perhatiannya pada orang lain, bisa peduli dan bisa memberi, tidak hanya dalam kehidupan sosial, tapi juga dalam kehidupan profesi. Semua kompetensi sosial ini, tidak akan bisa terbina dengan baik jika gurunya sendiri tidak memiliki kompetensi sosial yang lebih baik. Oleh sebab itu, guru dan calon guru harus berlatih untuk menjadi orang-orang yang bisa diterima dalam lingkungannya, berkontribusi terhadap lingkungannya, dan peduli pada para siswanya. Para siswa harus dilatih dalam mengelola emosiagar mampu melakukan interaksi sosial dengan sesama teman sekelas, teman sesekolah dan juga dalam komunikasi dengan para guru dan staf sekolah/madrasah. Aspek-aspek emosi yang harus dilatihkan kepada para siswa agar menjadi orang-orang sukses dalam profesi mereka kelakdan dalam interaksi sosial mereka, antara lain adalah, sikap impulsif (bersikap/bertindak berdasarkan insting dan tidak pada logika).

Peran gender terbentuk melalui berbagai sistem nilai termasuk nilai-nilai adat, pendidikan, agama, politik, ekonomi, dan sebagainya. Sebagai hasil bentukan sosial, peran gender dapat berubah-ubah dalam waktu, kondisi, dan tempat yang berbeda sehingga peran laki-laki dan perempuan mungkin dapat dipertukarkan. Mengurus anak, mencari nafkah, mengerjakan pekerjaan rumah tangga (memasak, mencuci, dan lain-lain) adalah peran yang bisa dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan, sehingga bisa bertukar tempat tanpa menyalahi kodrat. Dalam keluarga di Indonesia pada umumnya, orangtua atau lingkungan, secara langsung maupun tidak langsung telah mensosialisasikan peran anak laki-laki dan perempuannya secara berbeda. Anak laki-laki diminta membantu orang tua dalam hal-hal tertentu saja, bahkan seringkali diberi kebebasan untuk bermain dan tidak dibebani tanggung jawab tertentu.

Sebaliknya, kemampuan ini dibangun melalui kurikulum yang terselubung, namun menjadi bagian dalam proses interaksi guru-murid, baik dalam proses pembelajaran maupun melalui kegiatan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler. Pelayanan sosial merupakan istilah yang digunakan untuk semua pelayanan dan manfaat yang berorientasi orang . Spicker , menyatakan bahwa pelayanan sosial meliputi jaminan sosial, perumahan, kesehatan, pekerjaan sosial, dan pendidikan . Berdasarkan pengertian di atas maka pelayanan sosial pada hakekatnya mempunyai fungsi pencegahan , perawatan dan pemulihan , dan pengembangan . Sebagai seorang perempuan, menurut penulis, kepemimpinan transformasional lebih cocok bagi penulis dibandingkan kepemimpinan transaksional karena dalam berhubungan dengan orang lain penulis lebih cenderung untuk menekankan nilai-nilai hubungan baik dan pertemanan.

Kedua, memperkuat profesionalisme melalui prosespeer-guidence,peer reviewsesama guru, baik di inner maupun lintas satuan pendidikan. Guru yang cenderungintrovet, tertutup, dan tidak banyak berkomunikasi dengan sesama di sekolahnya, akan teralienasi dan tertinggal oleh berbagai perubahan. Sementara dalam lintas satuan pendidikan, pemerintah mendorong para guru memiliki wadah komunikasi satu sama lain. Dalam hal ini, pemerintah membantuk wadah guru sekolah dasar dengan Kelompok Kerja Guru dan wadah guru sekolah menengah dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran . Kedua organisasi ini dibentuk dan dikembangkan bagi para guru untuk melakukansharingtentang bahan ajar, metode dan strategi pembelajaran,evaluasi proses dan hasil belajar, pengelolaan kelas serta pengembangan penelitian untuk peningkatan layanan pembelajaran bagi para siswa mereka. Intinya, wadah komunikasi KKG dan MGMP ini dibentuk pemerintah dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang dimulai dengan peningkatan guru.