Bea Cukai Terus Optimalkan Layanan Ekspor Ke Penerima Fasilitas Kawasan Berikat

Banyak UKM yang bingung mengenai apa saja produk yang memiliki nilai keunggulan dan berpotensi untuk diekspor. Lalu, banyak UKM juga bingung mengenai negara tujuan mana sajakah yang berpotensi untuk bisa melakukan ekspor. Bahkan, banyak UKM khawatir apakah mereka memiliki potensi yang sama kuatnya dengan Usaha Besar untuk melakukan ekspor. Untuk Indonesia, komoditas ekspor adalah karet, minyak sawit, fuel alam, batu bara, hasil hutan, hingga produsen garmen dan tekstil. Namun World Bank merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini sebesar 5,2% turun dari prediksi sebelumnya 5,3%. Tetapi lebih besar dari pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2017 lalu yang hanya 5,1%.

”Meskipun pertumbuhan ekonomi dunia diproyeksikan melambat, peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan masih akan berlanjut pada 2019. Meski demikian, masih terdapat disparitas harga yang sangat besar dari penjualan di pasar dunia tersebut. Untuk memasuki pasar ekspor, UMKM perlu melakukan digitalisasi, inovasi dan strategi pasca pandemi Covid-19. Penggunaan berbagai fitur pendukung seperti fitur laporan keuangan, invoicing, program stock, dan pencatatan persediaan barang mampu membantu Anda meningkatkan performa bisnis yang terkait ekspor. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda dapat menelusuri web site Jurnal dan coba gratis software Jurnal selama 14 hari. Dengan mengambil peluang bisnis persewaan kontainer, Anda akan mendapatkan keuntungan dari perusahaan-perusahaan yang memerlukan ekspor lewat jalur darat dan laut, tetapi tidak memiliki kontainer sendiri.

Dunia ekspor

Menurut Tauhid, saat ini negara yang diuntungkan adalah yang memiliki kedekatan geografis dengan Cina. Pertama, karena Cina menguasai mayoritas produksi dan pasokan kontainer dunia. Kedua, perdagangan lebih mudah dilakukan antar negara yang memiliki konektivitas darat. “Kita mampu membangun produk yang menembus pasar dunia, tentu ini merupakan sebuah pencapaian yang didukung oleh ekosistem ekspor nasional,” tuturnya. Fakta ini menunjukkan semakin banyak jenis komoditas pertanian Indonesia yang dapat diekspor dan ternyata dibutuhkan oleh banyak negara di dunia. Mengukur negara dengan kinerja pertanian terbaik di dunia tidaklah mudah sebab ada banyak sekali indikator.

Selain itu, berikutnya transaksi ekspor terbesar juga dialami oleh Peralatan Elektronik (7.0%), Karet dan Artikelnya (5.2%), Kendaraan selain Kereta (4.5%), Mesin-Mesin (4.5%) serta lainnya yang di bawah proporsi tersebut. Oleh karena itu, usaha manufaktur masih jadi prioritas utama untuk pasar ekspor Indonesia. Namun sayangnya, Usaha Besar masih mendominasi industri manufaktur ini dibandingkan UKM.

Meskipun proses ekspor sudah memiliki regulasi dan peraturan yang jelas, tetapi tidak semua orang bisa melakukan ekspor dengan mudah. Dalam kegiatan ekspor, eksportir perlu menetapkan ke negara mana ekspor akan dilakukan, bagaimana proses pemasaran, dan berapa harga penjualannya. Barang-barang atau komoditas yang diekspor bisa jadi produk jadi atau pula bahan mentah untuk diolah.